5 Negara Dengan Pemungutan Pajak Tertinggi Di Dunia

5 Negara Dengan Pemungutan Pajak Tertinggi Di Dunia

Krisis utang yang saat ini sedang menimpa beberapa Negara di dunia, mengakibatkan pemerintah memberlakukan pemungutan pajak lebih tinggi dari nominal sebelumnya, sehingga utang Negara bisa sedikit dikurangi. Selama ini mungkin kita mengira jika pemungutan pajak di Indonesia nilainya tinggi, padahal bila dibandingkan dengan beberapa Negara ini,  jumlah pajak yang dibebankan pada wajib pajak Indonesia jauh sekali perbedaannya:

Irlandia

Bila dihitung dengan cermat, rasio dari PPh Negara Irlandia kurang lebih mencapai 48% dengan penghasilan rata-rata penduduknya pada tahun 2010 US$ 50.400. Jika dibandingkan dengan Negara yang ada di bagian utara Eropa, maka tingkat pajak Irlandia adalah yang paling tinggi. Faktanya Negara-negara yang berada di utara Eropa memiliki PPh pribadi tertinggi kedua menurut KPMG.

Apakah Anda Sedang Mencari Kantor Konsultan Pajak Jakarta

Finlandia

Tidak berbeda terlalu jauh dari Negara sebelumnya, Finlandia memiliki rasio pajak penghasilan dengan persentase 49.2% di mana penghasilan rata-rata penduduknya US$ 49 ribu. Jika dihitung saat ini rata-rata tingkat marjinal Finlandia 49.2% dan berlaku untuk pendapatan US$ 91 ribu. Keputusan Finlandia untuk menetapkan pajak 53.5% tahun 2004 lalu bertujuan untuk melawan efek dari inflansi.

Inggris

Tahun 2010 lalu tingkat pajak di Inggris menyentuh 50%, tentunya hal ini memberatkan wajib pajak, namun sejak April 2013, pemerintahan di Inggris menurunkan tingkat pajak menjadi 45% bagi warga dengan pendapatan tertinggi.

Jepang

Siapa yang mengira jika Negara di Asia memberlakukan pemungutan pajak yang tinggi? Adalah Jepang yang memungut pajak dengan rasio pajak penghasilan sebesar 50%, dengan pendapatan wajib pajak yang mencapai US$ 52.200, pemerintah akan memungut pajak dengan tingkatan yang tertinggi.

Belgia

Bila sebelumnya ada Negara di bagian utara Eropa, maka kali ini adalah Belgia, yang berada di barat. Tingkat pajak di Negara ini lebih tinggi sebanyak 5% daripada Negara Eropa Barat lainnya, Belgia memungut pajak 50% bagi warga Negara yang memiliki penghasilan di mulai dari US$ 46.900.

Selain Negara-negara di atas, masih ada beberapa Negara lain yang menetapkan pemungutan pajak dengan persentase 50%, terutama bagi warga Negara dengan penghasilan super besar.