6 Tipe Tanah Kavling yang harus kamu tau

buah-kurma-mantapMembagi lahan kosong berupa area persawahan, ladang, dan lahan bekas kerukan tanah, jika dibagi ke dalam beberapa ukuran tertentu dan dibuatkan sertifikat untuk setiap lahan disebut dengan Tanah Kavling. Pada dasarnya Tanah Kavling terbagi ke dalam 6 tipe, yaitu:

  1. Cul De Sac lot

Tanah Kavling tipe ini bermakna jalan buntu. Nama yang berasal dari bahasa Perancis ini dinamakan sebagai jalan buntu karena lokasi tanah yang berada di ujung jalan buntu. Lokasi tanah yang seperti ini akan membingungkan pencuri karena bagian depan lahan yang sempit, namun area parkir akan menjadi kelemahan dari Tanah Kavling di lokasi ini.

  1. Interior Lot

Inilah dia Tipe Tanah Kavling kampung kurma yang paling banyak anda temui. Jenis Tanah Kavling yang satu ini berada dalam satu blok, memiliki satu jalur akses, bersifat lebih private dan tidak terlalu berisik. Tetapi dengan adanya satu jalur akses ini, hanya memungkinkan pembeli melihat satu view saja.

  1. Intersection Lot

Tipe Kavling ketiga adalah Intersection Lot yang banyak dikenal dengan rumah tusuk sate. Dinamakan seperti itu karena lokasi tanah yang berada di ujung jalan, sedangkan di bagian kanan dan kirinya ada jalan lagi. Tetapi untuk pembeli yang ingin membangun rumah di lahan ini, harus siap-siap dengan lampu kendaraan yang akan sering terlihat setiap waktunya.

  1. Corner Lot

Banyak yang menghindari Tanah Kavling tipe ini, karena berada di sudut jalan, namun banyak juga yang mencarinya dengan alasan tanah yang didapatkan akan lebih luas. Ada satu lagi kelebiah Tipe Tanah Kavling Corner Lot ini, yaitu memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Ada kelebihan tentu ada juga kekurangan, Tanah Kavling di lokasi ini akan menjadikan hunian anda sedikit berisik karena berada tepat di persimpangan jalan.

  1. Key Lot

Dinamai Key (Kunci) untuk menyesuaikannya dengan lokasi tanah yang terlihat seperti kunci untuk lahan-lahan lain yang ada di sekitarnya. Bentuk yang memanjang dengan area parkir yang luas menjadi kelebihan Tipe Tanah Kavling Key Lot. Tetapi, karena menjadi kunci untuk lahan-lahan disekitarnya sangat rawan lokasi Tanah Kavling ini dekat dengan septitank tetangga.

  1. Flag Lot

Jenis Tanah Kavling terakhir ini adalah tanah kavling yang berbentuk L. Sulit menemukan tanah seperti ini, namun lebih aman karena tidak sulit untuk mengawasinya, Tanah Kavling jenis ini sulit dikoersialkan karena berada jauh dari jalan utama.

Demikianlah keterangan tentang Tipe-Tipe Tanah Kavling yang harus anda ketahui, supaya bisa menentukan jenis tanah yang sesuai dengan kebutuhan anda.