Pelajari Cara Mengatasi dan Mengobati Kaki Pecah-Pecah

Kaki pecah-pecah merupakan salah satu penyakit umum yang hampir dialami semua orang. Banyak yang meremehkan hal ini karena berpikir tidak terlalu penting. Namun fenomena ini akan menyebablan kulit yang semakin rusak dan akan menyebabkan perih saat berjalan jika tidak ditangani dengan baik. Untuk itu di perlukan cara mengatasi kaki pecah pecah yang efektif dan terbukti aman.

cara mengobati dan mengatasi kulit kaki kering dan pecah pecah secara alami

Retakan dan pecah-pecah pada kaki umumnya disebabkan kulit kaki yang kering dan tidak cukupnya kelembapan. Pecah-pecah atau retakan tersebut bisa menjadi berdarah jika sudah parah. Kaki pecah-pecah biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti dehidrasi pada kaki, kurang konsumsi air putih, mandi atau berendam dengan air panas dalam kurun waktu yang lama dan juga suhu yang cukup dingin yang bisa menyebabkan hilangnya kelembapan kulit. Selain itu penyakit kulit yang tidak diobati dengan baik bisa jaid sakah satu penyebab keringnya kulit.

Apasih tanda-tanda awal kulit kaki pecah-pecah? Kulit pecah-pecah diawali kulit area kulit kaki bagian tumit menjadi sangat keras karena menumpuknya kulit mati yang akhirnya mengakibatkan penebalan atau kapalan di area tersebut. Penebalan itu biasa disebut dengan kalus, dengan karakteristik berwarna kuning atau coklat tua yang berbeda dengan warna kulit normalnya. Retakan yang awalnya kecil akan menjadi besar bila banyak tekanan pada tumit kaki dan tidak adanya perlakuan khusus, lama kelamaan retakan tersebut akan menyebabkan rasa perih yang menyakitkan.

Ada beberapa cara untuk mengatasi kulit kaki pecah-pecah, berikut diantaranya :

  • Mengonsumsi cukup air putih. Konsumsi air yang cukup akan memenuhi kebutuhan cairan harian Anda. Hal ini akan mengembalikan kelembapan kulit dan memulihkan kaki yang pecah-pecah.
  • Hindari mandi dengan air panas. Air panas akan menyebabkan kulit Anda menjadi kering dan pori-pori menjadi lebih lebar dan membuat bakteri cepat masuk ke dalam kulit.
  • Gunakan Petroleum Jelly dengan cara mengoleskannya pada kulit yang pecah-pecah sebelum Anda tidur. Petroleum Jelly berguna untuk mengunci kelembapan kulit dan menjaga kulit dari kerusakan akibat angin dan polusi udara.
  • Gunakan krim kaki yang mengandung urea, asam salisilat, asam alpha-hidroksi, dan sakarida isomerat. Krim kaki dengan bahan ini akan melembapkan kaki Anda , mengembalikan kulit lentur dan juga terhidrasi dengan baik.
  • Anda juga dapat menggosokkan batu apung yang tidak terlalu kasar pada permukaan kulit yang kasar. Hal ini berguna untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati yang terdapat di tumit kaki. Caranya cukup mudah, pertama rendam kaki Anda pada air sabun sampai kulit terasa lembut. Kemudian gosokkan batu paung pda kulit kaki dengan lembut dengan perlahan. Lakukan hal ini selama kurang lebih 2-3 menit.
  • Referensi ArtikelĀ http://www.vaseline.co.id/skin-health-care/wajib-tahu-5-cara-mengatasi-dan-mengobati-kaki-pecah-pecah.html

Untuk hasil maksimal, lakukan bebrapa cara di atas secara rutin. Jika kulit tidak segera membaik, maka sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk pengobatan yang tepat.